YaCy, Mesin Pencari Terdistribusi Merilis Versi 1.0

Setelah dikembangkan lebih dari 5 tahun, pengembang YaCy merilis versi 1.0 dari aplikasi mesin pencari terdesentralisasi yang bebas terbuka. Piranti lunak yang dilepas dengan lisensie GPL ini merupakan mesin mencari peer-to-peer yang didesain sebagai alternatif layanan pencarian, seperti yang diberikan Google, yang dimanage oleh sebuah perusahaan tunggal. Seperti layanan file sharing peer-to-peer, seluruh peer mesin pencari akan memberikan kontribusi ke hasil pencarian dan menggunakan hasil pencarian yang dikontribusikan oleh pihal lain. Sebuah kelebihan penting menurut developer adalah konten YaCy tidak bisa di sensor.

Karsten Gerloff, presiden Free Software Foundation Eropa mendeskripsikan proyek ini sebagai balok pengembangan penting bagi masa depan sistem peer-to-peer dan terdistribusi dimasa yang akan datang.

Lebih dari 600 operator peer telah berkontribusi ke hasil pencarian berbasis YaCY, mesin pencari ini diperkirakan memiliki 1,4 milyar dokumen didalam indeksnya dan melayani sekitar 130 ribu permintaan pencarian tiap hari. Beberapa jaringan mesin pencari juga berbasis teknologi YaCy seperti sciencenet milik Karlsruhe Institute of Technology yang menawarkan pencarian konten saintifik menggunakan YaCy. Halaman aplikasi proyek menyediakan beberapa instalasi pencarian berbasis YaCy di sidebarnya.

Anda bisa mengunjungi Portal pencarian milik YaCy untuk mencoba mesin pencari ini. Baik digunakan sebagai instalasi sendiri, sebagai contoh untuk melakukan pencarian lokal di LAN atau sebagai bagian dari instalasi peer-to-peer, pengembang menekankan bahwa proses instalasinya sangat sederhana dan hanya akan memakan waktu beberapa menit. YaCu dapat dijalankan di Linux, Mac OS dan Windows. Proyek ini disponsori oleh asosiasi untuk akses pengetahuan bebas dari jerman SuMa-eV.

Via : h-online

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.