X Server 1.12 Bisa Multi-touch

Tim pengembang X.org telah merilis versi 1.12.0 X Server. Update ini menambahkan dukungan multi-touch sehingga bisa mengenali dan menerima masukan dari beberapa jari pada layar sentuh dan touchpad. Fitur ini diimplementasikan menggunakan inputproto 2.2 (X Input Protocol extension), yang dirilis Peter Hutterer awal bulan ini. Dalam pengumumannya, kepala pengembang dukungan multi-touch X Server mengacu pada empat posting blog dimana dia mendiskusikan karakteristik dan fungsionalitas implementasi ini secara detail (1, 2, 3, 4).

Maintainer GTK , Matthias Clasen mengumumkan bahwa saat lalu kode untuk mendukung infrastruktur multi-touch telah digabungkan dengan versi pre-release GTK 3.4 yang akan difinallkan bulan April tahun ini. Qt menawarkan dukungan multi-touch sudah cukup lama dan dalam waktu dekat akan bisa mengakses fitur multi-touch X Server.

Versi baru X Server juga memperbaiki berbagai bug dan berisi perbaikan minor. Pengembang berencana merilis sebuah versi baru X.org, X11R7.7, lengkap dengan X Server baru, pustaka dan driver yang dibutuhkan sebelum pertengahan tahun ini. Bundle X.org sekarang tidak sepenting dahulu karena sebagian besar distribusi LInux memaketkan kombinasi komponen X.org mereka sendiri.

Fedora 17 yang akan dirilis bulan Mei berencana mengimplementasikan X Server 1.12, Ubuntu 12.04 LTS berencana menggunakan X Server 1.11 dengan tambahan multi-touch dari versi 1.12. Driver grafis proprietari AMD tidak dapat berjalan di X Server 1.12 saat ini, dokumentasi driver grafis proprietari NVIDIA terbaru menyatakan bahwa driver ini komptibel dengan X Server 1.12.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.