WordPress Menjadi CMS Open Source Paling Populer Dua Tahun Berturut-turut

Berdasarkan studi tahunan keempat yang dilakukan oleh water&stone, WordPress, Joomla dan Drupal merupakan tiga Content Management System paling populer dari 20 yang ada. Daftar awal berjumlah 35 CMS. WordPress memimpin jauh didepan disusul oleh Joomla. WordPress menjadi pemenang dua tahun berturut-turut menggeser Joomla yang sebelumnya memimpin, ini menunjukkan bahwa popularitas Joomla menurun sejak tahun lalu. Untuk CMS berbasis .Net DotNetNuke mendominasi sementara yang berbasis Java Liferay dan Alfresco menjadi pemenang bersama

Survey ini juga menunjuk Concrete5 sebagai CMS open source yang harus diperhatikan dimana disebutkan dalam laporan tidak ada siste mlain yang pertumbuhannya mendekati yang dialami COncrete5 meskipun belum menjadi tiga besar. Diurutan akhir survey ini menunjukkan kekhawaitran untuk e107, Movable Type, TextPattern dan Xoops yang disebutkan berpotensi dalam kondisi berisiko meninggalkan 20 besar untuk berbagai alasan.

Survey ini mengkombinasikan data kuesioner dengan analisis berbagai metrik untuk mendapatkan kesimpulan akhir. Kriteria utama untuk analisis tiap CMS adalah jumlah unduhan, jumlah instalasi, layanan dukungan oleh pihak ketiga, buku yang tersedia untuk tiap CMS. Kriteria lainnya antara lain kekuatan merk,terutama bagaimana performa merk di mesin pencari, popularitas sitys proyek, serta kesadaran dan kepopuleran di media sosial.

Laporan lengkap dapat andaunduh dari situs waterandstone(pdf)

h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.