WordPress 3.3 “Sonny” di Rilis

Matt Mullenweg mengumumkan rilis WordPress 3.3 yang diberi code-name “Sonny” untuk menghormati pemain saxophone jaxx Sonny Stitt. Anda dapat mengunduh rilis terbaru ini atau melakukan update otomatis dari dalam panel admin WordPress.

WordPress telah diunduh 65 juta kali sejak versi 3.0 dirilis dan ini merupakan rilis mayor ketiga sejak rilis tersebut yang memperbaiki dan meningkatkan pengalaman pengguna, navigasi dan lain sebagainya.

Bagi pengguna ada fitur baru pada rilis ini yaitu uploader yang mendukung drag-and-drop, hover-menu untuk navigasi dan toolbar baru serta dukungan co-editing dan pengimpor Tumblr. Selain itu ada pointer tips untuk tiap fitur baru yang ada. Apabila anda melakukan update dari versi sebelumnya, selesai update kalau biasanya anda akan dikembalikan ke halaman update di panel admin kali ini anda akan dihadapkan dengan halaman selamat datang di WordPress 3.3 yang berisi informasi fitur baru, credits pengembang dan informasi lainnya.

Untuk Pengembang ada API Editor baru, versi jQuery bary dan cara yang lebih baik untuk memanggil halaman bantuan.

Fitur drag-and-drop upload merupakan salah satuĀ fitur yang sangat saya tunggu untuk WordPress 3.3 ini, sayangnya kita belum bisa benar-benar drag-and-drop ke editor teks WYSIWYG milik wordpress seperti menambahkan inline image di Gmail. Bayangan saya ketika membaca fitur drag-and-drop kurang lebih seperti yang dilakukan oleh Gmail, semoga saja versi selanjutnya akan menghadirkan fungsionalitas seperti ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.