Uninvention Coporate Server 3 Dirilis

Perusahaan open source berbasis di Jerman Univention merilis versi 3 produknya, Uninvention Corporate Server (UCS) yang sekarang dapat digunakan sebagai Active Directory Domain Controller (ADDC) menggantikan Windows Server. Versi pengembang Samba 4 disertakan untuk memberikan fungsionalitas ini, pengguna dapat tetep menginstall Samba 3 yang merupakan seri stabil jika diperlukan.

Tampilan administratif direvisi besar-besaran. Antarmuka web mengkomintasikan fungsi Univention Management Console dan Univention Directory Manager dalam tampilan tunggal menggunakan teknologi Ajax. Juga disertakan modul baru untuk bebragai macam setting yang harus disesuaikan ketika instalasi pada versi sebelumnya. Modul baru ini didesain untuk membantu administrator membuat duplikat sistem baik fisik maupun virtual dan mengkonfigurasi secara individu.

Sistem dasar sekarang menggunakan Debian 6.0 (Squeeze) dan untuk pertama kalinya Univention menyediakan seluruh paket di repositori Debian kecuali “games” tentunya. Pengembang juga telah mengupdate solusi virtualisasi Xen dan KVM dan juga piranti lunak monitoring Nagios. UCS sekarang telah mendukung IPv6.

Terdapat edisi Personal edition untuk UCS 3.0 dan Trial 30 hari untuk varian komersial yang dapat anda unduh dari web Univention. Panduan cepat juga disertakan di Wiki Univention. Anda juga dapat membaca rilis pers (dalam bahasa Jerman).

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.