SMILE Plug : Cloud Untuk Ruang Kelas

Pada pameran CES di Las Vegas, bersamaan dengan pengumuman tablet OLPC, Marvell mempresentasikan single board computer SMILE Plug miliknya yang memiliki akses poin WiFi dan memungkinkan untuk membuat jaringan nirkabel dikelas. Device ini menjalankan piranti lunak belajar mengajar mobile yang dikembangkan oleh Universitas Stanford sebagai magian dari program Stanford Mobile Inquiry-based Learning Environment (SMILE). Ini memungkinkan guru untuk membuat cloud skala kecil yang bisa digunakan sampai 60 siswa yang menjalankan piranti lunak Stanford SMILE Junction Server.

SMILE Plug juga menawarkan framework JavaScript Node.js dan menjalankan sebuah versi Arch Linux. Sistem ini dikontrol lewat aplikasi admin bernama Plugmin yang dikembangkan Marvell. Komponen server berjalan di SMILE Plug sementara Plugmin berjalan di device berbasis Android. Marvell menjelaskan bahwa seluruh komponen piranti lunak SMILE plug akan di opsn source kan.

SMILE PlugTerdiri atas sebuah SoC Armada 300 dalam sebuah CPU dengan clock speed antara 1.6 hingga 2 GHz. I/O di device termasuk dua port Gigabit Ethernet, dua port USB 2.0, dan sebuah slot SD card sementara internal memiliki flash memori sebesar 512MB dan RAM 512 MB DDR 3. Device ini juga menyertakan SoC WiFi Avastar 88W8764, yang menawarkan IEEE 802.11a/b/g/n pada gelombang 2.4 atau 5 GHz. TheSMILE Plug juga mampu menangani masalah kehilangan daya karena adanya baterai lithium ion. Marvell merencanakan merilis device ini musim semi 2012. Detail harga belum tersedia.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.