Scribus 1.4 Dirilis

Scribus merupakan salah satu aplikasi desktop publishing open source, mirip dengan Adobe Page Maker atau sekarang dikenal dengan Adobe InDesign. Tim pengembang Scribus baru saja merilis Scribus versi 1.4 ini dirilis setelah empat tahun pengembangan dan lebih dari 2000 perubahan fitur dan perbaikan bug telah dilakukan.

Scribus 1.4 sekarang menggunakan Qt4 dan ini berarti dukungan kode framework aplikasi akan leih baik. Mirasi ke Qt 4.0 hadir beberapa bulan sebelum Qt 5.0 dirilis, meskipun sudah berpindah ke Qt4, tim pengembang Scribus tetap memberikan dukungan untuk Qt3.

Beberapa perbaikan pada rilis ini diantaranya penanganan obyek, opsi lanjutan untuk teks dan tipografi dan fitur baru untuk obyek vektor. Tipe frame baru “Render Frame” mengijinkan untuk merender dan kemudian mengekspor keluaran program yang dapat membuat PostScript, PDF atau gambar PNG dari commend line seperti laTeX, Lilypond, dan POV-Ray didalam Scribus.

Saat ini Scribus mendukung impor dari format Adobe Illustrator baik PDF maupun EPS, Macintosh Picture (PICT), Windows Metafile (WMF), Xfig (FIG), Calamus Vector Graphic (CVG), Kivio Stencils (SML) dan DIA Shape (SHAPE). Detail lebih lanjut mengenai rilis ini dapat anda baca di pengumuman rilis Scribus 1.4.0. Anda dapat mengunduh kode sumber maupun binari dari halaman dowload Scribus.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.