Ruby 1.9.3 hadir dengan perubahan lisensi


Tim pengembang Ruby mengumumkan rilis versi 1.9.3 bahasa pemrograman open source ini yang dideskripsikan sebagai implementasi yang diperbaharui dari Ruby versi 1.9.2. Ini merupakan rilis pertama seri stabil baru yang menawarkan performa pemuatan pustaka yang lebih baik dan perubahan ke lisensi Ruby.

Ruby 1.9.3 p0 dirilis dibawah 2-clause BSD license dan Ruby License. Versi sebelumnya dilisensikan dibawah GPLv2 dan Ruby License.

Beberapa perubahan lainnya adalah locking yang diperbaiki dalam program multi thread. dukungan regular expression untuk Unicode 6.0 dan pustaka baru io/console untuk akses portable sederhana ke console.

Juga dilakukan perubahan ke Random.rand dan metode String tambahan seperti prepend dan byteslice. Pengembang Ruby menyatakan anda bisa berpindah dengan aman dari Ruby 1.9.2 ke 1.9.3

Catatan tambahan bagi pengguna MacOS X 10.7 Lion, yang menggunakan Xcode 4.1 harus mengkonfigurasi Ruby dengan ‘–with-gcc=gcc-4.2’. Sedangkan pengguna Xcode 4.2 harus menggunakan opsi ‘–with-gcc=clang’. Untuk informasi lebih detail dapat anda baca di changeLog dan halaman berita.

Unduh Rilis terbaru Ruby dari Halaman unduhan Ruby.

Via : h-online

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.