ROSA Media Player Untuk Mandriva

Dalam sebuah post di blog pribadinya, Denis Koryavov, kepala pengembang UI di Laboratorium ROSA yang berbasis di Rusia ini mengumumkan rilis beta versi 1.0 ROSA Media Player (ROMP). Media Player open source baru untuk ROSA dan distribusi Linux Mandriva yang dikembangkan dari kode MPlayer dan SMPlayer.

Koryavov menjelaskan bahwa pengembang membuat form SMPlayer karena mereka menginginkan player yang sederhana dan mudah digunakan dengan tampilan modern. Mereka juga mempermasalahkan susahnya mengkontribusikan kode mereka ke proyek upstream karena perbedaan pandangan. Selain media player, pengembang juga membuat plug-in kustom untuk peramban web Firefox dan Chromium untuk streaming video.

Versi selanjutnya dari player ini diharapkan memasukkan dukungan untuk merekam video dari layar pengguna, kemampuan untuk memotong video berdasarkan ukuran dan opsi untuk mengundu dan menjalankan video dari berbagai macam sumber seperti YouTube. Antarmuka pengguna, yang berbasis Qt Quick, juga disebutkan sedang dalam tahap pengerjaan.

Tim Laboratorium ROSA yang berbasis di Moscow berkontribusi ke komunitas Mandriva dan telah melakukan pengembangan ekstenisif ke antarmuka desktop Mandriva Linux, termasuk penyelesaiantema dan avatars dan perubahan di manajer file Dolphin. Distribusi milik rosa, sering disebut mandriva/ROSA atau OS ROSA merupakan versi terkustomisasi dari Mandriva Linux 2011 yang sesuai dengan persyaratan Federal Service for Technical and Export Control (FSTEC) milik pemerintah Rusia.

ROSA Media Player 1.0 dan plug-in akan tersedia di Mandriva Cooker dan di repositori Mandriva/ROSA 2011 “main/backports”. Koryavov meminta pengguna untuk mencoba rilis beta ini untuk memberikan umpan balik lewat email atau dengan menulis komentar di posting blog pengumuman Koryavov.

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.