Rilis Alpha Python 3.3.0 Membawa Perubahan Sintaks Pertama Dalam Dua Tahun

Bahasa Pemrograman Python versi 3.3.0 memasuki fase testing dengan rilis alpha pertama. Versi ini menandai dibukanya dua tahun moratorium perubahan sintaks Bahasa. Diajukan oleh Guido van Rossum dalam Python Enhancement Proposal (PEP) 3003, moratorium ini didesain untuk memungkinkan implementasi bahasa non-CPython untuk mengejar implementasi inti setelah rilis Python 3.0.

Rilis Alpha baru ini menyertakan beberapa perubahan sintaks seperti memungkinkan generators mendelegasikan pekerjaan ke sub-generator, yang membuka kemungkinan baru untuk melakukan optimisasi iterasi di kode Python. Perubahan sintaks lainnya menambahkan atribut __qualname__ ke fungsi dan kelas. ini memungkinkan untuk mengetahui apakah sebuah obyek berada dilevel tertinggi hierarki atau didalam obyek lain.

PEP 393 membuat representasi string lebih fleksibel dengan mengubah tipe string unicode untuk memungkinkan beberapa representasi internal secara bersama-sama. Ini memungkinkan programmer melakukan optimisasi efisiensi space atau karakter maksimal yang tersedia dan membuang perbedaan antara build dengan atau tanpa Unicode. Selain itu sintaks literal Unicode dari Python 2 telah di integrasikan kembali ke Python 3.3.0 untuk membuat porting aplikasi Python 2 lebih mudah.

Perubahan lainnya di rilis baru ini termasuk penanganan eksepsi yang lebih baik, modul pemaketan baru dan dukungan untuk kompresi LZMA/XZ. Detail lebih lanjut mengenai rilis ini dapat anda baca di catatan rilis dan di halaman What”s New In Python 3.3.

Python 3.3.0 alpha 1 tersedia untuk diunduh untuk Windows dan Mac OS X dan sebagai kode sumber dibawah lisensi Python Software Foundation Licence. Ini merupakan versi pengembangan dan tidak disarankan untuk penggunaan produksi, Versi stabil saat ini adalah Python 3.2.2 dan Python 2.7.2.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.