Pemerintah Inggris Mengumumkan Inisiatif Open Data

Dalam pernyataan musim gugur mengenai kondisi ekonomi, Menteri Keuangan Inggris, George Osborne, mengumumkan inisiatif besar untuk membuka ketersediaan data yang dimiliki pemerintah. Dalam
statemen yang dipublikasikan tersebut disebutkan alasan ekonomi dan juga politis untuk membuka data pemerintah : “Membuat lebih banyak informasi sektor publik tersedia akan menjadi katalisator pasar baru baru serta produk dan layanan baru dan juga peningkatan standar dan transparansi di layanan publik”. Arena penting yang datanya akan dibuka diantaranya transpor, cuaca dan kesehatan. Individu akan mendapat akses ke catatan Online GP pada akhir periode parlemen saat ini.

Dalam lima tahun kedepan, pemerintah akan menyediakan dana hingga 10 juta poundsterling untuk mendirikan Open Data Institute dekat “Silicon Roundabout” di London timur. Ini akan membantu industri mengeksploitasi rilis data ini dan akan dipimpin oleh Sir Tim Berners-Lee dan Professor Nigel Shadbolt dari Southhampton University. Juga direncanakan ada Dewan Strategi Data dan Group Data Publik untuk menggunakan data tersebut yang diperoleh dari berbagai sumber.

Data transportasi juga akan dibuat tersedia untuk publik awal tahun 2012, diantaranya jadwal kereta dan bus, harga tiket kereta dan performa penyedia layanan penerbangan serita data jalan dan trafiknya termasuk yang masih dalam pengerjaan. Untuk data yang terakhir ini kemungkinan akan menggunakan sistem GPS untuk menyediakan sistem navigasi yang lebih akurat dan tepat waktu.

Via : h-online

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.