Peluncuran IPv6 Sedunia Tanggal 6 Juni

Internet Society sedang mengorganisasi kegiatan peluncuran IPv6 Sedunia tanggal 6 Juni 2012, dimana penyedia jasa layanan internet, pabrik peralatan jaringan dan penyedia layanan lainnya akan menyalakan IPv6 secara permanen pada koneksi, device dan layanan mereka. Event ini merupakan lanjutan dari World IPv6 Day tahun lalu. Google internet evangelist, Vint Cerf, menjelaskan bahwa dia mempertimbangkan 6 juni 2012 sebagai titik baru di sejarah internet dan akan membuat lebih banyak alamat IP untuk internet dan juga memperkuat prinsip end-to-end di jaringan..

Penyedia jasa layanan internet yang ikut sampai saat ini termasuk AT&T, Comcast, Free Telecom, Internode, KDDI, Time Warner Cable dan XS4ALL. Beberapa perusahaan termasuk Comcast, XS4ALL dan Free Telecom dari PErancis sudah menawarkan IPv6 ke pelanggan internetnya. Pengumuman Internet Society menjelaskan bahwa tanggal 6 juni paling tidak satu persen dari pelanggan tiap penyedia jasa layanan internet akan mampu mengakses internet lewat IPv6 dan ini akan berjalan secara otomatis.

Daftar manufaktur perangkat keras yang ikut saat ini baru Cisco dan D-Link yang berencana menyalakan IPv6 secara default untuk seluruh home routers yang dikirimkan dari hari World IPv6 dan seterusnya. Facebook, Google, Bing, dan Yahoo akan menawarkan layanan paralel (dual stack) IPv4 dan IPv6 mulai tanggal 6 Juni. Pelanggan Akamai dan Limelight dapat menambahkan diri ke daftar partisipan lewat penyedia infrastruktur CDN mereka. Detail partisipan lebih lanjut bisa ada baca di Situs Web World IPv6 Launch

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.