Otoritas IT Eropa Menginginkan OOXML yang lebih baik di LibreOffice/OpenOffice

Otoritas Teknologi Infomrasi dari Jerman Dan Swiss mengumumkan bahwa mereka melakukan kerjasama dibawah payung Open Source Business Alliance untuk memperbaiki kemampuan LibreOffice dan OpenOffice.org menampilkan dokumen yang diformat menggunakan OOXML. Pihak yang terlibat dalam grup ini diantaranya grup IT dari kota Munich, Jena dan Feriburg im Breisgau, The Swiss canton of Waadt, Pengadilan Federal Swiss dan Schweizer Infromatikstrategie Bund (Swiss IT Federation) yang perwakilannya bertemu pada sebuah workshop di Zurich pada bulan oktober kemarin untuk meluncurkan proyek “Precise reproduction of OOXML documents in Open Source Office applications”. Anda dapat membaca slide dari workshop tersebut yang memberikan detail lebih lanjut mengenai apa saja yang didiskusikan.

OOXML merupakan standar ISO untuk dokumen perkantoran yang saat ini didukung oleh Microsoft. Sementara format dokumen utama milik OpenOffice.org dan LibreOffice menggunakan format ODF yang juga mendapat standar ISO. Versi terbaru Microsoft Office menghasilkan dokumen OOXML secara default. Otoritas ini mencari cara untuk memperbaiki interoperabilitas dengan dokumen tersebut dengan memperbaiki filter OOXML di aplikasi perkantoran bebas terbuka.

Mereka telah membuat (dalam Bahasa Jerman) yang membahas mengenai pengaturan frame, gambar, table dan daftar di file .docx. Pengaturan komentar di file .docx dan .xlsx dan embedding huruf di OOXML dan ODF.

Open Source Business alliance telah membuat kelompok kerja baru “Office Interoperability” untuk menjalankan proyek ini, kelompok ini akan menjalankan beberapa sub-grup dimana tiap-tiap sub-grup tersebut akan bekerja pada aspek spesifik kebutuhan dan mengembangkan dokumentest untuk melakukan tes implementasi dari spesifikasi yang telah dibuat. OSB Alliance mengundang penyedia layanan open source yang ingin melakukan implementasi kebutuhan ini untuk hadir pada tender pekerjaan ini pada tangggal 31 januari 2012. Bergantung pada proposal yang diterima, pendanaan akan ditentukan kemudian. Anggotan OSB Alliance berkomitmen untuk mendanai proyek ini meskipun alternatif pendanaan juga sedang dicari. Hasil akhir proyek ini akan dilepas dibawah Apache Lisence 2.0 untuk memastikan adopsi seluas-luasnya.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.