Open Source Physics Menang Kompetisi SPORE

Kompetisi bulanan Science Prize for Online Resources in Education (SPORE) dari science magazine bulan ini memilih proyek opensource sebagai pemenang yaitu Open Source Physics. Proyek ini berupa situs web yang menyediakan perkakas dan sumberdaya untuk pembuatan model berbasis komputer yang interaktif, tujuannya untuk membantu mengajarkan kepada pelajar di semua tingkatan prinsip-prinsip fisika komputasional.

Open Source Physics menyediakan berbagai macam sumberdaya untuk permodelan komputer dan komputasi fisika. Piranti lunak tersebut dirilis dalam bentuk kode Java dengan lisensi GPL. Karena ditulis dengan Java maka Open Source Physics menjadi piranti lunak bebas terbuka yang dapat dijalankan diberbagai macam platform. Karena kode sumbernya tersedia untuk tiap simulasi yang ada, pengajar dan pelajar dapat mengadaptasi kode-kode tersebut sesuai kebutuhannya. Selain itu, rencana pelajar dan buku teks fisika komputasional juga tersedia untuk membantu bagaiaman menggunakan software ini dengan cara terbaik di berbagai proyek.

mata pelajaran yang dibahas cukup banyak, diantaranya: astronomi, elektronika dan magnet, gelombang, fisika kuantum, mekanika klasik, mekanika fluid dan relativitas merupakan beberapa subyek yang paling banyak dicari. Tiap item berisi detail level pelajar sehingga pengguna bisa memilih mana yang cocok bagi mereka, link ke item lain dan detail sumber daya lain yang tersedia.

Penghargaan SPORE dimulai Science magazine tahun 2009 dan pertama kali dianugerahkan pada tahun 2010. Tujuan penghargaan ini adalah untuk memperkenalkan situs web terbaik yang mempromosikan pendidikan sains. Tiap bulan Science menunjuk pemenang dan mempublikasikan esai yang ditulis oleh pemilih situs yang menjelaskan situs web mereka. Open Source Physics memenangkan penghargaan ini pada bulan November. Tersedia daftar lengkap pemenang penghargaan ini.

Via h-online

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.