Open Data, Gaya Google

Di dunia ini, negara mana yang punya utang paling banyak? dimana orang paling banyak melepas CO2 ke atmosfir? bagaimana perkembangan fasilitas broadband? dan pertanyaan lainnya merupakan pertanyaan yang diharapkan bisa dijawab oleh Open Data, data yang tersedia ke publik yang biasanya disediakan oleh instutusi pemerintahan.

Untuk mengikuti open data yang sedang trend belakangan ini, Google melakukan update untuk Public Data Explorer. Diharapkan tool ini bisa membantu melakukan visualisasi kondisi politik, ekonomi, sosial dari berbagai negara yang sekarang memiliki akses ke 50 database, banyak diantaranya terdiri atas berbagai dataset. World Development Indicators milik WorldBank misalnya memiliki berbagai statistik mengenai ekonomi, pengembangan lingkungan dan kesehatan di lebih dari 200 negara. Eurostat memberikan akses informasi secara spesifik ke negara-negara uni eropa. Seluruh data ini dapat dibuat grafik dengan mudah.

Public Data Explorer baru ini memiliki fitur seperti fasilitas pencarian data yang lebih baik, antarmuka yang lebih nyaman digunakan dan implementasi HTML5 baru yang didesain untuk dijalankan tanpa plugin pada peramban web modern dan device mobile. Dihalaman depan, Google menyediakan contoh bagaimana anda bisa menggunakan data tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.