OASIS Meluncurkan Inisiatif Interoperabilitas Cloud

Organisation for the Advancement of Structured Information Standards (OASIS) telah meluncurkan sebuah inisiatif standar baru untuk meningkakan portabilitas aplikasi cloud. Tujuan dari proyek Topology and Orchestration Specification for Cloud Applications (TOSCA) untuk membuat sebuah standar platform cloud yang interoperable. Ide dibelakang standar ini untuk menghindari vendor lock-in, yang dimungkinkan dengan banyak API cloud dan teknologi deployment yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan aplikasi yang aman, dapat dimanage dengan baik dan sesuai aturan.

Lebih spesifik lagi, proyek ini akan mendeskripsikan layanan aplikasi dan infrastruktur untuk platform cloud dan hubungan diantara layanan-layanan yang ada dan perilaku layanan mereka. Sangat penting bahwa layanan ini bebas dari vendor lock-in sehingga pengguna bisa memigrasi aplikasi dengan mudah antar penyedia layanan cloud dan teknologi hosting.

Perusahaan yang turut serta termasuk Capgemini, CA, Cisco, Citrix, EMC, IBM, Red Hat, SAP dan Software AG yang sudah ikut merumuskan. Tidak seperti banyak proyek interoperablitas cloud lainnya, TOSCA akan menangani tidak hanya layanan infrastruktur, tetapi juga layanan as-a-service lainnya. Inisiatif lainnya di ranah interoperabilitas cloud termasuk yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan Open Source Business Foundation (OSBF).

via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.