Mingguan Open Source Edisi 1

Hi! Ketemu lagi dengan kru LinuxBox.Web.ID di Mingguan Open Source edisi 1. Edisi 1 tapi bukan edisi perdana karena pekan lalu kami sudah menerbitkan Mingguan Open Source Edisi 0 πŸ™‚ Ada berita apa saja sih pekan ini lalu di dunia Linux, Open Source dan Free Software?

Firefox 11 akan mendukung protokol SPDY, ini merupakan protokol baru yang diajukan oleh Google sebagai alternatif dari HTTP. SPDY berjalan diatas TCP dan seluruh komunikasi dienkripsi TLS dan dikompresi gzip untuk memasdtikan keamanan dan mempercepat waktu transfer. Menurut Google di testing praktis, protokol ini dapat mempercepat hingga dua kali lipat kecepatan efektif ke serer web. specification SPDY masih dalam pengembangan. Draft terbaru versi 3 yang daluwarsa November lalu. Versi draft baru diharapkan akan muncul segera. Google dipercaya akan bekerja sama dengan Mozilla dan pengembang lainnya untuk membawa spesifikasi SPYD ke IETF. Chrome saat ini sudah mendukung protokol SPDY dan Google sudah melakukan ujicoba protokol ini di server-server mereka. Anda dapat menuliskan URL chrome://net-internals/ di browser Chrome anda dan pilih tab SPDY untuk melihat dimana protokol ini digunakan.

Android Versi 4.0 Untuk Processor Atom dirilis, yup benar sekali Ice Cream Sandwich akan hadir untuk processor Atom SoC (System on a Chip). Ini merupakan hal menarik dimana Ice Cream Sandwich merupakan usaha Google unutuk menyatukan android untuk tablet dan smartphone. Kalau sekarang ARM masih mendominasi processor device mobile tahun depan ARM akan mendapatkan tantangan dari Atom dan x86 pada umumnya mungkin. Tentu keamanan Android dan aplikasi yang berjalan diatasnya diharapkan juga akan lebih baik, karena peneliti dari North Carolina State University menemukan celah keamanan pada aplikasi bawaan Android dimana aplikasi-aplikasi ini mengizinkan datanya untuk bisa diakses oleh aplikasi lain yang seharusnya tidak berhak atas data tersebut.

MariaDB mendapat plugin otentikasi PAM dan Windows sementara Percona mengumumkan Plugin PAM Untuk MySQL.

Red Hat mengingatkan akhir masa hidup Red Hat Enterprise Linux (RHEL) 4 ini juga berarti CentOS 4 dan Scientific Linux 4 mendekati akhir masa hidup (End Of Life). Departemen Pekerjaan dan Pensiun Inggris melakukan pilot project menjalankan desktop open source di 1000 dari 150.000 PC yang ada. Di Indonesia sendiri sebenarnya ada Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) yang menghimbau instansi pemerintahan untuk menggunakan piranti lunak legal atau bisa menggunakan open source sebelum 31 desember 2011, tetapi nampaknya SK ini belum berdampak banyak, sekali lagi mungkin karena saya sendiri kurang tahu persis bagaimana kebijakan dan apa yang terjadi di internal organisasi pemerintah. Mungkin perusahaan lokal dan komunitas lokal perlu lebih gencar melakukan kampanye meskipun tentu akan jauh lebih sulit terutama untuk masalah pendanaan.

Tim pengembang Fedora menyetujui brtfs dan struktur direktori baru Untuk Fedora 17 . Anda pengguna OpenStreetMap? sekarang saatnya anda membantu proyek ini dengan memberikan donasi anda. Donasi ini ditargetkan mencapai Β£15,000 dan akan digunakan untuk membeli server baru.

Peneliti Google mengajukan solusi mengatasi masalah SSL dengan membuat data publik yang berisi daftar sertifikat yang dapat digunakan oleh browser untuk melakukan identifikasi apakah sertifikat yang diterima asli atau palsu.

Lightspark diport ke Windows. Lightspark merupakan aplikasi flash player open source. Kalau beberapa waktu lalu santer terdengar rumor bahwa Google pecah kongsi dengan Mozilla, tidak lagi karena kedua belah pihak menyatakan bahwa mereka akan tetap bekerja sama hanya masih banyak yang harus dibicarakan untuk kerjasama kedepan

Berita Lainnya :

Sekian. selamat menikmati πŸ™‚

Save

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.