Microsoft Membuka Messenger ke XMPP

Microsoft mengumumkan bahwa sistem pesan instan Messenger milik mereka sekarang menerima koneksi lewat protokol XMPP. Pengumuman ini sebenarnya dilakukan pertama kali pada konferensi BUILD bulan september lalu dan sudah menawarkan preview pengembang. XMPP merupakan standar terbuka untuk pertukaran pesan, sebelumnya dikenal dengan nama protokol Jabber. Microsoft mengikuti jejak layanan Google Talk dan Facebook Chat yang juga mendukung XMPP.

Microsoft mendukung core protocol (), instant messaging and presence (RFC6121), ekstensi standar XMPP untuk vCards, dan penyampaian tertunda. Microsoft juga telah melakukan implementasi skema otentikasi OAuth2 yang brarti pengembang harus menambahkan dukungan untuk mekanisme otentikasi tersebut dan mengambil application ID dan secret.

Kebutuhan ini juga menghentikan klien XMPP saat ini untuk dapat terkoneksi ke layanan Microsoft tanpa modifikasi. Microsoft telah mempublikasikan panduan “Getting Started” dan contoh kode untuk pengembang di situs Windows Live MSDN

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.