Lingkungan Pengembangan Arduino 1.0 Telah Dirilis

Versi 1.0 lingkungan pemrograman mikrokontroler Arduino telah dirilis. Selain dari penampilannya yang didesain ulang dan perbaikan bug minor, rilis ke 24 SDK berbasis Java ini juga menyertakan berbagai perbaikan teknologi. Versi baru ini mendukung penuh varian R3 komponen Arduino Uno dan Mega2560. Ini bisa diidentifikasi dengan mudah dengan bagian bawah yang berwarna putih dan penggunaan amtarmuka USB Atmega 16U2 dan bukan model sebelumnya 8U2 atau optiBoot chip FTDI. Fungsi burn bootloader menginstall piranti lunak OptiBoot 4.4 yang sudah diupdate.

Editor teks meng-highlights tautan, termasuk yang ada dibagian komentar dan melakukan klik pada link akan membuka halaman tersebut di peramban web. Secara default editor ini saat ini menggunakan ekstensi .ino untuk sketches (terminologi arduino untuk program files) karena ekstensi .pde yang sebelumnya digunakan konflik dengan piranti lnak pemrosesan. Ekstensi .ino baru dipilih karena ini merupakan tiga huruf terakhir dari Arduino.

Ketika menyimpan sketch lama, ini akan menggantikan ekstensi .pde. Namun, tidak seperti versi pengembangan sebelumnya, versi ini tidak melakukannya dengan diam-diam, pengguna akan di beri notifikasi dan memilik ikesempatan untuk mengubah atayu mengkonfigurasi perilaku ini. Status bar jendela dibagian bawah akan menampilkan model Arduino yang dipilih dan port USB.

Pengembang juga telah melakukan modifikasi secara signifikan di pustaka standar. Pustaka ethernet sekarang mendukung HDCP dan DNS, sementara klien baru, server dan kelas pembungkus UDP didesain untuk memungkinkan kode yang independen dari modul ethernet. Pustaka SD sekarang dapat membuka beberapa file sekaligus dan menambahkan isDirectory(), openNextFile() dan rewindDirectory() untuk melakukan iterasi lewat seluruh file di direktori. Kelas standar serial sekarang bekerja secara asinkron.

Versi baru ini tidak mencatat perubahan yang akan mendukung Ardunino Due yang barbasis ARM yang akan diluncurkan. Arduino SDK 1.0 dapat diunduhd dari situs web Arduino. Pengembang menyediakan daftar perubahan komprehensif di posting blog ketika peluncuran kandidat rilis.

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.