Lime, Chromium OS Dengan Dukungan Ekstra Perangkat Keras

Setelah ditunda satu tahun, pengembang web dan hacker Liam “Hexxeh” McLoughlin merilis build baru Lime, sistem operasi berbasi Chromium. Chromium OS merupakan cabang open source dari proyek Chrome OS milik Google. Distribusi Linux minimalis yang dikembangkan dengan peramban web Chrome.

McLoughlin, mahasiswa University of Central Lancashire menjelaskan bahwa build Lime tertunda karena dia menginginkan untuk melakukan otomatisasi proses sehingga image yang ada diupdate harian, dan tidak harus melakukanna secara manual setiap kali akan merilis update baru. Sistem barunya secara otomatis menyediakan update fresh beserta semua fitur baru dan tweak build Vanilla.

Dibandingkan dengan build Vanilla Chromium OS, Lime menambahkan dukungan perangkat keras ekstra untuk beberapa komponen termasuk chipset Wi-Fi Broadcom BCM43XX, Ralink RT24XX, RT28XX and RT30XX, dan R8187SE, R8712U, RTL73, RTL8180, RTL8187 and RTL8192XX dan juga NVIDIA seri 6 atau yang lebih baru. Bagaimanapun juga karena build ini dibuat harian, beberapa build mungkin bekerja lebih baik daripada lainnya. Pengembang juga memberi catatan bahwa pengguna bisa melakukan kontak lewat @hexxeh di Twitter atau halaman Google+ termasuk permintaan dukungan untuk hardware tertentu yag belum didukung, selama ada driver versi Linuxnya. Detail lebih lanjut mengenai rilis ini dapat anda temukan di posting blog McLoughlin.

Tautan unduhan dan instruksi untuk membuat build Lime dari Chromium OS disediakan di halaman web proyek Lime.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.