Kernel Linux Baru Lebih Hemat Daya

Greg Kroah-Hartman merilis kernel long-term 3.0.20 dan kernel stabil 3.2.5. Keduanya berisi perbaikan bug tunggal yang memungkinkan teknologi hemat daya PCIe, ASPM (Active State Power Management), digunakan di BIOS yang mengaktifkan ASPM untuk beberapa komponen tetapi menyatakan di FADT (Fixed ACPI Description Table) yang dijadikan acuan oleh Linux ASPM tersebut tidak didukung.

Menurut Matthew Garrett, yang mengembangkan patch tersebut, perubahan ini bisa menurunkan konsumsi daya d ThinkPad x220 hingga 5 watts. c”t magazine di Jerman melakukan tes di laboratorium mereka dan mendapati penghematan daya sekitar 1 sampai 3 watt yang berarti daya tahan baterai akan lebih lama. Patch ini hanya berdampak pada sistem yang memiliki masalah firmware seperti dijelaskan diatas yang dapat menggunakan perintah dmesg untuk menampilkan pesan kernel dan menjari pesan “ACPI FADT declares the system doesn”t support PCIe ASPM, so disable it“.

Perubahan ini memperbaiki satu dari dua masala yang mendapat perhatian serius setelah situs web Phoronix menuliskan laporan ini. Beberapa pekan lalu patch ini di gabungkan ke tree pengembangan Linux utama yang akan menjadi basis rilis kernel Linux 3.3 pada bulan Maret.

Patch seperti inim yang bisa membuat masalah pada sistem terisolasi biasanya tidak dimasukkan ke kernel long-term dan kernel stabil. Namun, proyek Fedora telah melakukan tes untuk patch ini sebagai bagian dari distribusi rilis terbaru mereka untuk beberapa waktu dan karena itu Kroah-Hartman yakin bahwa perubahan ini tidak akan menyebabkan masalah.

Masalah lain yang mungkin berdampak pada banyak sistem tetap bertahan. Secara default, kernel Linux saat ini tidak menyalakan fitur hemat daya grafik RC6 di prosesor Intel yang populer Sandy Bridge (yang menyertakan core grafis). Ini dilakukan karena menyebabkan crash dan error grafis pada sistem terisolir. Menurut pengukuran yang dibuat oleh c”t. RC6 biasanya menghebat 3 sampai 5 watw ketika idle dimana laptop mengurangi suara fan dan daya tahan baterai yang lebih lama. Ini bisa dinyalakan untuk melakukan testing menggunakan argumen kernel i915.i915_enable_rc6=1.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.