Horde Versi 4 Akan Segera di rilis

Horde, aplikasi open source layanan messaging dan groupware, akan segera merilis versi mayor yaitu versi 4. Versi empat ini dikeluarkan enam tahun setelah rilis Horde 3 yang dirilis akhir 2004 lalu.

Sebagai proyek yang sepenuhnya Open Source tanpa sponsor perusahaan atau organisasi Horde memang tidak mempublikasikan roadmap. Beberapa hal penting mengenai rilis ini diantaranya horde 4 membutuhkan PHP 5.2 (sempat direncanakan menggunakan PHP 5.3 tetapi dibatalkan karena dikhawatirkan belum banyak yang mengadopsi PHP 5.3), Aplikasi manajemen versi kode proyek ini juga diganti dari yang awalnya menggunakan CVS menjadi Git. Horde juga mengubah unit testing yang awalnya menggunakan PEAR test suite menjadi PHPUnit. ActiveSync juga mulai dimasukkan ke tree utama pengembangan sehingga sikronisasi dengan iPhone dan Android dapat dilakukan dengan Mudah.

CalDAV merupakan bagian akhir pengembangan dukungan layanan kalendar di Horde 4. Rilis awal Horde 4 ini juga akan memberikan fitur integrasi Twitter dan Facebook yang merupakan awal dukungan Horde di media social.

Hal terakhir yang dibutuhkan Horde adalah desain antarmuka, karena saat ini tidak ada desainer aktif didalam proyek mana seluruh antarmuka dibuat oleh developer. Anda tertarik membantu Horde?

Via: cio.com.au

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.