HijackThis Sekarang Open Source

Trend Micro mempublikasikan kode sumber tool anti-malware gratis, HijackThis (HJT), di Sourceforge dan dilepas dibawah lisensi GPLv2. Trend Micro menjelaskan bahwa mereka akan memaintain kode sumber asli tetapi juga akan menggabungkan modifikasi yang dilakukan komunitas.

Pembuat HijackThis, Merijn Bellekom, menjelaskan bahwa ini berarti pengembang dapat menggunakan dasar yang solid untuk membuat atau memperbaiki tool anti-malware mereka. Tool anti-spyware buatan Bellekom ini diakuisisi Trend Micro pada tahun 2007 dan digunakan oleh banyak komunitas anti-spyware.

Tool berbasis Visual Basic ini melakukan scanning registri dan item startup PC Windows untuk bukti infeksi oleh aplikasi yang mencurigakan. HijackThis kemudian membandigkan hasil yang ada dengan entri yang ada di sistem yang bersih dan membuat laporan. Pengguna harus memutuskan dari laporan tersebut apakah konfigurasi mereka bagus atau rusak. Ada beberapa forum dimana pengguna dapat mengrimkan logs HJT dan meminta pendapat dari user lain. HJT juga bisa menghapus item yang menjadi perhatian dan memasukkan beberapa tool untuk membantu menghapus malware secara manual.

Proyek HijackThis di host di Sourceforge dan menyertakan beberapa binari yang dapat diunduh dan tentu kode sumber.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.