Hibernate Core 4 Diperkenalkan

Tim pengembang Hibernate merilis framework Object/Relational Mapping (ORM) Hibernate versi 4.0. Pengembang memutuskan karena berbagai alasan tidak melakukan implementasi desain ulang Hibernate metamodel (org.hibernate.mapping) yang awalnya dijadwalkan untuk Hibernate Core 4 dan justru fokus pada pengenalan sistem manajemen layanan baru, menambahkan dukungan multi-tenan dan membersihkan kelas dan metode yang sudah usang.

Hibernate Core sekarang mengijinkan multi-tenan untuk dibuat dengan tiga cara. Pendekatan pertama dengan membuat instan database terpisah, tenan memiliki hak akses ke instan database mereka sendiri. Pendekatan lain adalah dengan membuat beberapa skeman database, dalam hal ini tenan akan berbagi instan dan tiap pengguna akan mengakses database dengan skema atau katalog mereka masing-masing. Pendekatan ketiga partisi, yang mengizinkan tenan untuk mengakses database bersama lewat skema yang digunakan bersama. Seluruh data disimpan dalam data tunggal dan data tiap tenan dipartisi dari tenan lain dengan memberikan nilai “discriminator”. Pengembang mendiskusikan lebih lanjut aspek-aspek desain Hibrnate multi-tenan dalam sebuah FAQ terpisah.

API ServiceRegistry juga merupakan hal baru di Hibernate Core 4. API ini mendeskripsikan cara baru bagi Hibernate untuk membuat dan mengatur layanan. Layanan sekarang diatur dengan registri hieraris dan dapat, sebagai contoh, mengakses layanan lain di registri yang sama atau registri induk manapun. Logging dengan dukungan dukungan i18n dan kode pesan juga diimplementasikan di rilis baru ini.

Dokumentasi komprehensif sedang dalam persiapan dan saat ini hanya Quick Start Guide dan Migration Guide yang merefleksikan fitur Hibernate 4. Jadwal pengembangan Hibernat 5 telah ada dimana perubahan metamodel akan diimplementasikan. Pengembang menjelaskan mereka merencanakan merilis Hibernate 4.1 dalam masa jeda ini untuk mengimplementasikan fitur-fitur seperti natural-id loading, meningkatkan performa cascade dan membuat dokumentasi lebih jelas.

Juga dirilis Hibernate 3.6.9 yang dapat anda unduh. Hibernate 4 dirilis dengan lisensi LGPL 2.1 dan dapat anda unduh dari SourceForge, tetapi pengembang merekomendasikan untuk mengunduh lewat maven.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.