GPL Mengalami Penurunan Jumlah Pengguna

Menurut analisis yang dikeluarkan oleh 451 group. Proporsi proyek open source yang menggunakan lisensi dari keluarga GPL mengalami penurunan beberapa tahun terakhir. Menurut peneliti pasar ini, pada musim panas 2008, 70 persen proyek menggunakan lisensi GPL atau LGPL tetapi saat ini hanya 57 persen dari proyek tersebut. Dalam periode yang sama dari musim panas 2009, penggunaan lisensi yang lebih permisif seperti MIT Lisence, Apache, BSD dan Microsoft Public Lisence mengalami peningkatan dari dibawah 15 persen menjadi lebih dari 25 persen.

Analisis ini dibuat berdasarkan data dari Black Duck Software yang juga diakui oleh 451 Group kehilangan transparansi. Sebelumnya peneliti-peneliti ini juga telah menganalisis data dari proyek FLOSSmole yang juga menggunakan data dari Black Duck mereka menganggap bahwa temuan ini refleksi akurat dari kondisi saat ini dan tren dimana proyek-proyek open source akan beralih dari lisensi yang membatasi ke lisensi yang lebih permisif.

451 Group juga menambahkan bahwa meskipun jumlah pengguna lisensi GPL menurun bukan berarti proyek yang menggunakan lisensi GPL menurun. Dua setengah tahun terakhir ini jumlah proyek naik 15 persen sementara jumlah proyek open source meningkat 30 persen.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.