Firefox 11 Memasuki Masa Beta Membawa Sinkronisasi Add-On

Mozilla telah mengumumkan kehadiran Firefox versi 110 di kanal beta peramban web open source ini. Firefox Beta menyertakan perbaikan baik bagi pengembang maupun pengguna

Bagi pengguna Firefox Sync, dukungan untuk sinkronisasi add-ons lintas platform telah ditambahkan. Pengguna bisa mengaktivasi fitur ini lewat tab Sync di jendela Preferences. Tool migrasi untuk Firefox telah diupdate untuk memungkinkan pengguan melakukan import data dan preferensi dari Google Chrome, versi sebelumnya hanya dapat melakukan impor dari Internet Explorer dan Safari.

Bagi pengembang web sebuah tampilan 3D baru ditambahkan ke Page Inspector built-in. Tool visualisasi berbasis WebGL ini sebelumnya tersedia sebagai add-on dengan nama Tilt, dapat digunakan untuk mengilustrasikan hubungan antara berbagai bagian sebuah situs web secara tiga dimensi.

Perubahan lain yang berkait dengan pengembang adalah disertakannya sebuah tool editor style baru untuk melakukan editing CSS dan penambahan dukungan alternatif HTTP dari Google protokol transport SPDY yang masih dimatikan secara default. Satu fitur yang dinyalakan secara default adalah Battery API yang memungkinkan aplikasi berbasis web untuk membaca status baterai sistem.

Sejalan dengan penambahan dukungan parsing HTP oleh W3C yang memilih parsing XML milik XMLHttpRequest, Firefox 11 Beta sekarang mendukung Parsing HTML.

Seperti rilis pengembangan lainnya, penggunaan pada lingkungan produksi dan sistem kritis tidak disarankan. Pengguna yang mencoba dan melakukan testing sangat disarankan memberikan umpan balik dan melaporkan bug-bug yang ditemukan.

Pengembang juga telah merilis Firefox 12 kedalam kanal Aurora milik peramban web ini. Ini merupakan bagian dari Rapid Release cycle dan menjelaskan detail mengenai pekerjaan yang mereka lakukan meningkatkan pengalaman Update Firefox.

Sebagai contoh, di Windows, dari versi 12. Firefox akan lebih mudah diupdate, dengan satu prompt lebih sedikit, versi selanjutkan akan membawa metode instalasi update baru yang akan menginstall update ketika peramban web berjalan dan bukan ketika peramban web direstart. Smooth Scrolling dinyalakan secara default dan URL yang ditempelkan ke manajer pengunduh otomatis diunduh. Rilis kanal Aurora sekarang menambahkan dukungan untuk properti CSS text-align-last dan ketika melihat kode sumber halaman, nomor baris akan ditampilkan. Versi 12 juga menyertakan update tool pengembang yang lebih baik

Detail informasi lebih lanjut mengenai versi kanal beta Firefox dapat ditemukan di posting blog pengumuman dan di catatan rilis. Kanal beta pertama untuk Firefox 11 tersedia untuk diunduh baik untuk Windows, Mac OS X maupun Linux dari situs web proyek. Menurut wiki Releases, versi final Firefox 11 akan hadir pada tanggal 13 Maret 2012.

Rilis stabil terbaru Firefox adalah Firefox 10.0 yang dirilis akhir Januari kemarin. Binari Firefox dirilis dibawah lisensi Mozilla Firefox End-User Software License Agreement sementara kode sumbernya dilepas dibawah tiga lisensi yaitu Mozilla Public License, GPLv2 dan LGPLv2.1.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.