FFmpeg 0.9 “Harmony” Dirilis

Enam bulan setelah versi 0.8 dirilis, tim pengembang FFmpeg mengumumkan rilis versi 0.9 tool dan pustaka codec video open source. Rilis mayor dengan code-name “Harmony” ini juga berisi optimisasi untuk ARM, dukungan untuk decoding H.264 yang diakselerasi hardware pada sistem operasi mobile Google Android dan native Ut Video serta decoder Dirac.

FFmpeg sekarang mendukung input PulseAudio dan dapat membaca file MPO dan memiliki pustaka encoder OPenJPEG dan decoder format dxtory. Berbagai macam bug yang ada di versi sebelumnya juga telah diperbaiki. Encoder JPEG 2000 eksperimental dan dukungan untuk libaacplus juga telah ditambahkan.

FFmpeg digunakan untuk merekam, mengkonversi dan melakukan streaming file audio dan video dalam berbagai macam format dan digunakan oleh beberapa proyek piranti lunak open source termasuk VLC Media Player, Mplayer, Perian dll.

Daftar lengkap perubahan dan perbaikan dapat ditemukan di Change Log 0.9. FFmpeg 0.9 tersedia untuk diunduh dari situs proyek ini. Pengembang menyarankan seluruh pengguna, distributor dan integrator sistem untuk melakukan upgrade kecuali mereka menggunakan git master current. FFmpeg dirilis dibawah LGPL atau GPL bergantung pada konfigurasi yang digunakan.

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.