Facebook Mengumumkan Rangkaian Test Peramban Mobile Ringmark

Facebook telah mengumumkan ketersediaan Ringmark, kumpulan tes peramban web mobile. Douglas Purdy, Direktur Relasi Pengembang (Developer Relations) Facebook menjelaskan bahwa Ringmark ditujukan bagi pengembang untuk memahami peramban web mana yang akan mendukung fungsionalitas yang dibutuhkan oleh aplikasi mereka.

Rangkaian tes yang ada di aplikasi berbasis web ini dibuat berdasarkan spesifikasi yang sudah diidentifikasi dan diprioritaskan boleh pengembang sebagai “penting bagi aplikasi peramban web modern”. Spesifikasi-spesifikasi ini di susun menjadi cincin / ring fitur dimana cincin yang lebih tinggi berisi tes yang lebih sulit

Saat ini hanya ada tiga ring, ring pertama yaitu Ring 0 berisi 83 tes sementara ring kedua berisi lebih dari 300 tes. Jika salah satu tes di sebuah ring tidak dapat diselesaikan dengan baik, tes di ring selanjutnya tidak akan dijalankan. Pengembang Ringmark memberi catatan bahwa proyek ini belum dianggap selesai dan kedepannya akan ada ring-ring lain yang ditambahkan selain tiga ring yang sudah ada.

Dibuat oleh pengembang Facebook dan Bocoup, aplikasi berbasis web ini akan dibuat sebagai aplikasi open source beberapa pekan kedepan. Pengembang Ringkmark berencana mendonasikannya ke Grup Core Mobile Web Platform Community milik World Wide Web Consortium (W3C) yang baru saja diumumkan dimana Facebook dan Bocoup merupakan anggota

Grup komunitas baru yang dibuat untuk membuat standard peramban web mobile dan tool testing bertujuan unutk menyatukan pengembang, manufaktur peralatan, vendor peramban web dan operator jaringan dan juga anggota lain industri untuk menyepakati fitur ini yang bisa diandalkan oleh pengembang> Partisipan di grop termasuk vendor piranti lunak seperti Adobe, Microsoft dan Mozilla. Pembuat chip seperti Intel, Qualcomm, NVIDIA dan Texas Instrumen, Operator Telekomunikasi seperti Orange, Telefonica, dan Vodafone serta pembuat telepon seperti Samsung, HTC, Nokia, Huawei, ZTE, Sony dan ST-Ericsson.

Informasi lebih lanjut mengenai Ringmark dapat anda temukan di halaman “About” proyek ini dan di posting di blog Bocoup.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.