Dukungan 10 Tahun Untuk Klon RHEL

Setelah Red Hat mengumumkan perpanjangan dukungan untuk RHEL 5 dan 6 menjadi 10 tahun akhir Januari kemarin, klon RHEL mulai mengikuti. Informasi yang jelas saat ini baru dari Oracle dimana dalam penjelasan mengenai perubahan startegi Ksplice, Oracle juga mengumumkan bahwa Oracle Linux 5 dan 6 akan didukung untuk 10 tahun dari rencana awal selama 8 tahun. Menurut Jadwal Oracle, dukungan untuk ersi 5 akan berakhir pada bulan Maret 2017 sementara versi 6 akan berakhir pada bulan Maret 2021. Oracle tidak menawarkan Extended Lifecycle Support (ELS) seperti yang ditawarkan Red Hat yang menambahkan dukungan tiga tahun dari waktu dukungan standard yang ada.

Karanbir Singh, salah satu pengembang dibalik klon RHEL, CentOS, menjelaskan pada Heise Open, dengan asumsi bahwa Red Hat melanjutkan mempublikasikan kode sumbernya seperti biasa, CentOS akan menyediakan dukungan selama 10 tahun juga baik untuk versi 5 maupun 6. Meskipun demikian, Karanbir belum mendapatkan informasi mengenai bagaimana Red Hat memperlakukan kode sumber yang ada untuk dukungan tahun ke tujuh hingga tahun ke sepuluh.

Sebelumnya Red Hat hanya menyediakan kode sumber paket (SRPM) ke publik selama 7 tahun dukungan RHEL, sementara kode sumber selama masa Extended Lifecycle Support (ELS) hanya tersedia bagi pelanggan Red Hat.

Pengembang utama dibalik Scientific Linux belum merespon pertanyaan yang diajukan Heise Open mengenai rencana dukungan mereka. Namun, hal tersempt sebenarnya sudah sempat didiskusikan di mailing list pengembang awal Februari. Keputusannya kurang lebih akan sama, bergantung pada ketersediaan kode sumber dari Red Hat.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.