Diskusi Publik Mengenai Creative Commons 4.0

Organisasi non-profit Creative Commons (CC) telah mengumumkan dimulainya proses diskusi publik untuk kumpulan lisensi yang nantinya menjadi versi 4.0 Creative Commons. Ini hal baru dalam sejarah CC, dimana proses pembuatan versi baru tanpa diawali dengan mempublikasikan sebuah draf untuk direview. Draf pertama versi 4.0 akan dibuat dari masukan yang diberikan komunitas, tahap ini direncanakan akan ditutup pada pertengahan Februari 2012. Diskusi akan berlangsung di mailing lists lisences. Juga disediakan halaman wiki khusus untuk diskusi ini.

Pengurus CC mengharapkan akan adanya debat yang sehat terkait dengan bagaimana cara pandang kita tentang moral, definisi NonCommercial, cakupan ShareAlike, perlakuan terhadap sui generis database dan lain sebagainya. Salah satu modul yang mungkin akan paling banyak didiskusikan dan didebatkan adalah NonCommercial (NC) yang melarang penggunaan secara komersial. Akan ada pihak yang menginginkan untuk mendefinisikan Commercial sementara pihal lain akan mencoba mendefinisikan NonComercial, atau menghapus atau mengubah nama lisensi menjadi nama lain sehingga terpisah dari Creative Commons.

Prioritas lainnya adalah internasionalisasi lisensi CC. CC menjelaskan bahwa lisensi mereka “sangat Amerika”, karena itu CC mengharapkan lisensi-lisensi CC diterjemahkan ke bahasa selain Bahasa Inggris dan memberikan tambahan sesuai kebutuhan legal dan budaya setempat.

Kalau ada item yang ingin anda diskusikan dan belum ada halaman yang pas untuk mendiskusikannya anda bisa menuliskannya di 4.0 Sandbox.

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.