CinePaint Kembali Dengan Versi 1.0

Nama CinePaint mungkin terdengar asing ditelinga anda, tetapi saya yakin anda kenal dengan 2 Fast 2 Furious, The Lord of The Rings, Spider-Man dan Series Harry Potter bukan? lalu apa hubungan CinePaint dengan film-film tersebut. CinePaint, aplikasi deep painting open source yang sebelumnya dikenal dengan nama FilmGIMP digunakan untuk menggarap film-film tersebut. saat ini sudah memasuki versi 1.0. Tidak ada rilis baru sejak tahun 2008 ketika tim yang ada saat ini mengambil alih proyek FilmGIMP dan mengganti namanya, belum ada rilis kode sumber juga sejak 2007. Dari pengumuman dijelaskan bahwa versi ini dinomori 1.0 untuk alasan administratif, memiliki bug yang telah diketahui, tidak berbeda jauh dari versi 0.26 dan hanya berjalan di Linux, tidak ada versi Windows maupun Mac yang tersedia.

Kembalinya proyek ini sedikit mencurigakan, menurut Libre Graphics World, tidak ada private fork milik Kai-Uwe yang digabungkan dan belum ada pengumuman rencana untuk melanjutkan proyek, rencana terakhir diumuman oleh Robin Rowe, pemimpin proyek CinePaint, pada tahun 2010.

Website CinePaint juga dalam proses pembaruan. Tarbal kode sumber Cinepaint tersedia untuk diunduh. Kode sumber ini dilepas dibawah lisensi GPLv2.

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.