Canonical Mengumumkan Technical Preview U1DB

Beberapa waktu lalu Canonical perusahaan yang ada dibalik Ubuntu mengumumkan bahwa mereka menghentikan penggunaan CouchDB sebagai backend Ubuntu One. Selain itu Canonical juga tidak lagi menggunakan DesktopCouch, API Desktop untuk CouchDB dan saat ini membuat solusi sendiri yaitu U1DB untuk menggantikan CouchDB.

Pengembang Canonical mengumumkan technical preview U1DB terlah tersedia, mereka juga memberikan detail fungsionalitas aplikasi baru tersebut. Menurut pengumuman tersebut, U1DB merupakan API dan model data yang didesain untuk dapat digunakan dengan database apapun sebagai tempat penyimpanan. API ini dibuat untuk memungkinakn penyimpanan dokumen JSON di database yang tersinkronisasi dan membuat proses tersebut lebih sederhana.

Technical preview dan reference implementation yang ada saat ini mengimplementasikan U1DB sebagai API Python dengan backend SQLite. Juga terdapat implementasi Vala dan pengembang merencanakan mengembangkan pada device dengan OS iOS (Objective C dengan SQLite) dan Android (Java dengan SQLite) dimasa yang akan datang. Sebagai bagian dari proses technical preview, pengembang berharap akan mendapatkan umpan balik pertanyaan terbuka tentang API portable ini, manajemen revision ID, otorisasi HTTP, indexing dan replikasi. Sebuah mailing list telah disediakan untuk diskusi.

Anda dapat mengunduh U1DB technical Preview dan quickstart guide disertakan didalam dokumentasi U1DB dilepas dibawah lisensi LGPLv3.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.