Browser Camino 2.1 Untuk Mac Dirilis

Setelah dua tahun pengembangan, Proyek Camino merilis versi 2.1 peramban web open source untuk Mac OS X. Seperti Firefox 3.6.x dan Thunderbird 3.1.x, Camino update terbaru ini menggunakan mesin rendering Gecko versi 1.9.2 dari Mozilla. Rilis ini meningkatkan performa JavaScript dan kompatibilitas dengan standar web dan juga mengatasi berbagai celah keamanan, tetapi detail spesifik mengenai celah mana yang ditutup tidak diberikan.

Fungsi autocomplete di location bar telah diperbaiki sehingga memungkinkan pengguna untuk mencari baik bookmark maupun history dengan mencocokan hasil pencarian dengan judul dan alamat URL. update ini juga memasukkan kemampuan untuk menyembunyikan status bar (View > Hide Status Bar), dan sebuah mode offline baruyang bisa diakses dengan menggunakan item menu “Work Offline” dan “Go Online” dibawah menu Camino

Beberapa versi yang tidak aman dan tidak kompatible dari plug-in umum akan dimatikan secara otomatis, perubahan lainnya pada dukungan plug-in termasuk sebuah folder “Internet Plug-Ins” dan juga hidden preference yang baru untuk mematikan plug-in tertentu. Plug-in java juga sudah tidak disertakan, apabila pengguna Camino buuth menjalankan Java applet maka disarankan untuk menginstall Java Plug-in 2 atau Java embedding plug-in.

Dalam sebuah posting blog, Koordinator tim Camino, Samuel Sidler, menjelaskan bahwa versi 2.1 saat ini tersedia dalam enam bahasa : Belanda, Inggris (US), Perancis, Italia, Jepang dan Swedia. Bahasa Cina (sederhana) da, norwegia, dan spanyol akan ditambahkan dalamm watku dekat. Pengguna yang tertarik untuk membantu menerjemahkan Camino 2.1 diminta untuk mengunjungi halaman Lokalisasi Proyek Camino untuk informasi lebih detail.

Informasi detail mengenai update mayor, termasuk daftar isu yang telah diketahui dapat ditemukan di catatan rilis, change log dan halaman fitur.

Camino 2.1 tersedia untuk diunduh dan dapat digunakan di Mac OS X 10.4 Tiger atau yang lebih baru. Pengguna saat ini dapat melakukan upgrade menggunakan perkakas update built-in dengan memilih menu Camino dan “Check for Updates”. Versi 2.0.x saat ini sudah tidak didukung.

Proyek Camino berumur kurang lebih sama dengan Firefox, perbedaan utamanya adalah antar muka pengguna dikembangkan dengan Cocoa dan bukan XUL supaya lebih terintegrasi dengan sistem operasi mac. Kode sumber Camino dirilis dengan tiga lisensi MPL/LGPL/GPL

Via : h-online open

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.