Bluefish Editor 2.2.0 Hadir Dengan Kemampuan Scanning sintaks Yang Lebih Baik

Bluefish editor teks untuk programmer dan web desainer berbasis GTK telah mencapai versi 2.2.0 dimana scanner sintaks dikerjakan ulang. Fungsi search and replace juga disegarkan, jumlah bahasa yang didukung juga bertambah. Saat ini Bluefish menggunakan GTK3 meskipun masih mendukung GTK2, berjalan di Linux, FreeBSD, Mac OS X, Solaris dan juga Windows.

Fitur baru scanner sintaks diantaranya perintah untuk memilik blok, pelengkap kata otomatis dan fungsi yang didefinisikan pengguna, lompat ke fungsi tertentu dan pemberian komentar berdasar konteks.

Fitur pemilihan blok dapat memilih sebuah blok kode dalam konteks tertentu dan juga melakukan perulangan, kemudian kita bisa memilih induk blok kode tersebut. Komen yang sesuai seperti atau // atau /* */ akan ditambahan secara otomatis atau dihapus dari dokumen termasuk jika ada campuran bahasa dalam satu halaman, HTML dengan javascript dan CSS misalnya. Fitur pelengkap kata (auto-completion) juga mengerti fungsi-fungsi yang didefinisikan didalam dokumen termasuk untuk lompat ke fungsi tertentu.

Dukungan untuk Google Go, Vala dan Ada juga ditambahkan pada rilis ini, sebelumnya Java, JavaScript, Ruby, Python, R, Perl, Lua dan SQL sudah didukung. Fitur yang diaktifkan oleh dukungan bahasa termasuk melipat blok kode, highlight blok, informasi referensi in-line dan auto-completion.

Video dibawah ini mendemonstrasikan fitur baru pada versi 2.2.0 ini

Bluefish dapat diunduh dari situs proyek ini, sebuah halaman wiki menjelaskan cara instalasi paket binari pada berbagai platform diantaranya Debian, Ubuntu, Fedora, Mandriva, AltLinux, Gentoo dan Slackware. Bluefish dilepas dibawah lisensi GPLv3 dan proyek ini disponsori oleh Typo3. Untuk rilis selanjutnya direncanakan akan memasukkan plug-in untuk zen coding

Via : h-online

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.