Apache Cordova Mendapat Tampilan Baru

Tim pengembang Apache Cordova, toolkit pengembangan aplikasi mobile lintas platform yang sebelumnya dikenal dengan nama PhoneGap (dan Apache Callback), memiliki tampilan situs web baru. Meskipun masih dalam masa inkubasi di Apache, Komunitas Cordova memutuskan bahwa proyek ini membutuhkan situs web baru yang menyediakan gambaran lengkap mengenai proyek ini. Situs web baru ini sekarang menampilkan seluruh platform yang didukung (Android, Bada, Blackberry, iOS, Mac OS X, dan Windows Phone) dan juga repositori git serta dokumentasi dan kode untuk tool Weinre (Web Inspector Remote).

Seperti PhoneGap, Cordova menjadi platform bagi pengembang untuk membuat aplikasi mobile native dengan hanya menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Situs web baru ini juga menampilkan detail bagaimana berkontribusi, mencari pelacak masalah (issue tracker) dan alur pengembangan yang digunakan proyek. Cordova juga merupakan proyek pertama yang menggunakan Git. Download belum tersedia tetapi direncanakan akan ada dalam waktu dekat.

Pada bulan September 2011, pembuat PhoneGap, Nitobi mengumumkan bahwa mereka berniat menyumbangkan platform ini ke proyek Apache. Setelah Nitobi diakuisi oleh Adobe, Adobe mendukung langkah ini. Nama PhoneGap karena beberapa masalah litigasi diubah enjadi Callback dan kemudian diubah lagi menjadi Cordova. PhoneGap 1.3 yang dirilis Desember 2011 memberikan dukungan untuk Windows Phone dan pada bulan Januari 2012, Versi 1.4 memperbaiki banyak bug yang ada di platform ini. Pengembang Nitobi juga tetap melanjutkan layanan PhoneGap Build yang melakukan build PhoneGap untuk berbagai platform secara otomatis.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.