Android Versi 4.0 Untuk Atom Dirilis

Intel melengkapi Android versi 4.0 untuk Atom SoC (System on a Chip) yang akan dirilis yang diberi code name Medfield. Chip yang diproduksi dengan teknologi 32nm ini akan digunakan Intel untuk mengambil tempat di dunia smartphone dan tablet. Usaha sebelumnya gagal karena SoCs x86 membutuhkan terlalu banyak sumber daya dan performanya rendah dibandingkan dengan SoCs ARM.

Intel mencari jalan ke pasar SoC mobile utamanya lewat sistem operasi yang didukung olehnya. Pada acara Intel Developer Forum dibulan September, pembuat chip ini menunjukkan smartphone berbasis Medfield pertama dengan Android 2.3 “Gingerbread” dan tablet dengan Android 3.x “Honeycomb”. Versi 4.0 “Ice Cream Sandwich” yang dikembangkan oleh Google untuk menggabungkan cabang pengembangan smartphone dan tablet. Versi 4.0 dirilis oleh Google sebagai OS open source pada pertengahan November 2011.

Alex Gefrides, Kepala Google Program Office milik intel menjelaskan bahwa perusahaan ini memiliki versi Android 4.0 untuk medfield yang berjalan sehari setelah Google membuka OS tersebut sebagai open source dan sekarang vendor smartphone dan tablet memiliki paket Android 4.0 dengan driver Medfield dalam genggaman mereka. Intel berencana bekerja bersama dengan manufaktur device untuk melakukan optimisasi dan tuning implementasi Android untuk device berbasis Medfield.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.