Afiliasi Open Source Initiative Diumumkan di FOSDEM

Anggota Open Source Initiative (OSI) Simon Phipps, mengumumkan grup organisasi affiliasi yang akan memberikan saran ke OSI dalam usaha reformasi organisasi dari organisasi yang memilih anggota dewan nya sendiri menjadi organisasi yang terdiri atas anggota. Afiliasi ini diumumkan dalam presentasi Philips Phipps dalam acara FOSDEM di Brussels, terdiri atas Apache Software Foundation, Creative Commons, Drupal, Eclipse Foundation, FreeBSD, Joomla (lewat Open Source Matters), KDE, Linux Foundation, Mozilla Foundation, Plone, Sahana dan Wikiotics. OSI juga akan melakukan sebuah survei anonim untuk melihat bagaimana keanggotaan personal ISO seharusnya berjalan dalam praktek dimasa depan.

Delegasi dari anggota afiliasi akan berkumpul bersama untuk melakukan finalisasi perjanjian afiliasi untuk OSI, kemudian dewan OSI akan mencari dan mempertimbangkan saran dari afiliasi tersebut. Phipps menjelaskan bahwa ini akan membuat OSI berubah ke fase transisi dimana organisasi ini akan menggunakan aturan main baru setidaknya tahun 2013 atau paling lambat 2014

Sebagai contoh pada bulan Maret, tiga posisi dewan OSI akan terbuka dan berharap anggota afiliasi akan menyarankan orang yang bisa mengisi posisi tersebut sebagai bagian dari membentuk ulang bagaimana organisasi ini seharusnya berjalan. OSI telah berusaha melakukan reformasi selama tiga tahun terakhir dan meskipun banyak inisiatif yang sudah dilakukan masih belum menunjukkan hasil berarti. Phipps ditunjuk sebagai direktur OSI secara khusus untuk melakukan revitalisasi usaha-usaha yang telah dilakukan. Phipps melihat masa depan yang cerah bagi OSI dengan keanggotaan komunitas yang luas dan misi untuk melakukan edukasi pemerintahan, organisasi dan orang mengenai keuntungan kebebasan di piranti lunak.

OSI dikenal karena definisinya mengenai open source dan proses persetujuan untuk lisensi yang sesuai dengan definisi tersebut. Phipps merasa ada potensi di OSI sebagai pemimpin komunitas ketika OSI melakukan intervensi ke Departemen Kehakiman (Department of Justice / DoJ) Amerika Serikat pada bulan Januari 2011 untuk kasus penjualan paten Novell ke konsorsium Microsoft, Oracle, EMC dan Apple dimana Departemen Kehakiman Amerika akhirnya memutuskan pada bulan April untuk melisensi paten dibawah GPLv2.

Via :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.