NetBSD 6.0 Beta Dirilis

Tim pengembang NetBSD telah merilis sebuah beta untuk publik NetBSD 6.0. Rilis ini menandai semua fitur yang direncanakan sudah lengkap. NetBSD merupakan versi BSD portable yang rilis kali ini juga membawa banyak update dan perbaikan. Rilis beta ini siap untuk menghadapi “Unix epoch” dengan sebuah tipe waktu 64-bit yang memastikan tidak ada masalah variabel waktu pada tahun 2038.

Peningkatan lainnya termasuk dukungan untuk prosesor MIPS 64-bit, sebuah Logical Volume Manager (LVM) baru, sebuah implementasi PGP dengan lisensi BSD baru –netpgp, subsistem flash dan nand, dan filesystem CHFS untuk flash devices. NetBSD Foundation juga baru saja melengkapi dukungan SMP untuk kernel Xen. Perubahan lainnya termasuk penambahan dtv, framework TV digital, sebuah port untuk arsitektur Extensible MIPS, dan perbaikan syslog. Sistem menggunakan gcc 4.5.3 sebagai kompiler default tetapi sistem ioperasi dapat dibuild menggunakan komiler Clang. Berbagai pilihan driver baru juga ditambahkan beserta perbaikan di driver yang sudah ada untuk memperluas dukungan perangkat keras yang sudah didukung oleh NetBSD.

NetBSD 6.0 beta dapat anda unduh sebaga binari atau image ISO bootable untuk segala macam arsitektur mulai Acorn, Amiga dan AMD64 hingga Vax, x86k dan Zaurus dan masih banyak lagi. Rilis ini ditujukan untuk testing, bug yang anda temukan dapat anda laporkan ke pengembang.

Rilis stabil NetBSD terbaru adalah NetBSD 5.1.2, yang dirilis pada bulan Februari 2012 dan juga dapat anda unduh.

Via :

2 thoughts on “NetBSD 6.0 Beta Dirilis

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *