OpenStreetmap Menyelesaikan Perpindahann ke Open Database License

Proyek OpenStreetMap sedang menyiapkan untuk menghapus data dari databasenya pada tanggal 1 April jika pengembang tidak menyetujui untuk melisensi data mereka dibawah lisensi Open Database Licence (ODbL) atau melepaskan nya dibawah public domain. Langkah ini merupakan kulminasi dari proses panjang selama dua tahun merevisi lisensi untuk data yang ada dibalik proyek pemetaan populer ini.

Data peta awalnya dikumpulkan dan didistribusikan oleh proyek dibawah lisensi Creative Commons CC-BY-SA. Tetapi lisensi CC-BY-SA memiliki beberapa masalah: sebagai contoh hanya menggunakan hukum copyright (hak cipta) dimana data tersebut tidak terproteksi di Amerika Serikat karena tidak ditulis untuk data atau database dan menggabungkan OpenStreetMap dengan sumber lainnya menjadi sulit.

Proyek ini mencoba mencari lisensi pengganti dan sejak Mei 2010 proyek OpenStreetMap telah berada didalam proses untuk pindah dari lisensi Creative Commons CC-BY-SA ke lisensi Open Database Licence. Langkah final proses ini akan menghasilkan ekspor data yang ada yang dilisensi dibawah CC-BY-SA dan akan dibekukan dan akan tersedia kedepannya. Sementara database live akan secara eksklusif dilepas dibawah lisensi ODbL.

Sejak Mei 2010 pengiriman database open map berada dibawah lisensi CC-BY-SA dan ODbL, memungkinkan perubahan ini lebih mudah. 97 persen pengguna telah menyetujui lisensi baru ini. Untuk pengguna tiles OpenStreetMap yang sudah dirender tidak ada yang berubah. Tiles tersebut akan tetap dipublikasikan dibawah lisensi Creative Commons yang mengharuskan proyek OpenStreetMap disebutkan sebagai sumber data.

Via :

2 thoughts on “OpenStreetmap Menyelesaikan Perpindahann ke Open Database License

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *