Mozilla Berencana Kembali Mendukung Format Video H.264

Pengembang Mozilla kelihatannya akan mengubah posisi mereka dari yang hanya mendukung codec yang tersedia bebas WebM di Firefox. Bug 714408, “Hardware-accelerated audio/video decoding in Gecko”, di tracker bug Mozilla menuliskan rencana untuk memungkinkan Firefox dan implementasi “Gonk” di Boot2Gecko untuk memanggil perangkat keras atau decoder lainnya yang sudah ada di sistem sehingga bisa melakukan decoding audio dan video. Perubahan ini akan memungkinkan Firefox di Vista atau Windows 7 untuk menjalankan video H.264 hanya dengan menggunakan codec bawaan sistem operasi. Pengguna Windows XP masih harus menambahkan codec H.264 karena tidak disertakan didalam sistem operasi.

Direktur Riset Mozilla, Andreas Gal, mendorong dimasukkannya bug 714408 ke trunk utama Mozilla secepatnya karena tim Boot2Gecko ingin menggunakan codecs sistem dan dukungan perangkat keras di mobile phone. “Tidak ada justifikasi untuk mencegah pengguna kita dari menggunakan decoders yang sudah ada di device, kita tidak akan memfilter format apapun”, ungkap Andreas.

Mozilla Firefox mengikuti jejak Google ketika WebM/VP8 codec dirilis dengan memutuskan hanya mendukung codec WebM di tag <video> HTML 5. Pengembang Mozilla memutuskan untuk mengkodekan codec WebM kedalam peramban web dan tidak memanggil decoder media milik sistem operasi. Google Chrome menyertakana codec H.264 dan decoder WebM meskipun berencana untuk menghapusnya dimasa depan.

Via :

3 thoughts on “Mozilla Berencana Kembali Mendukung Format Video H.264

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman Berita Linuxbox.web.id 12 – 18 Maret 2012 « Nixfamily’s Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *