JavaScript Naik Posisi di TIOBE

Programming Community Index (Indeks Komunitas Pemrograman) terbaru yang dipublikasikan oleh TIOBE Software menampilkan peningkatan popularitas JavaScript belakangan ini. Untuk pertama kalinya sejak indeks ini ada, JavaScript mengalahkan popularitas Python dan Perl. Lain halnya dengan Dart buatan Google yang digadang-gadang sebagai pengganti JavaScript menempati posisi 78 sementara bahasa Go yang juga milik Google turun ke urutan 50.

Indeks milik TIOBE ini tidak menggambarkan kualitas bahasa pemrograman dan dibuat untuk menunjukkan popularitas dengan menentukan berapa banyak baris kode ditulis dengan bahasa pemrograman tersebut. Data yang digunakan indeks ini diambil dari jumlah pekerjaan dan kursus yang tersedia untuk tiap bahasa dan dikumpulkan lewat mesin pencari seperti Google, Baidu, dan Bing dan situs web seperti Amazon dan YouTube.

Rendahnya ranking Dart dan Go menunjukkan kesulitasn Google mendapatkan perhatian untuk bahasa pemrograman open source buatan mereka. Meskipun Go diterima dengan baik ketika pertama kali dikenalkan, tetapi hanya menangkap sebagian kecil developer.

Seperti kondisi tahun lalu, Java masih bahasa pemrograman terpopuler dengan C menduduki posisi kedua, dibelakang mereka ada C#, C yang saling bertukar tempat dimana C# naik ke posisi ketiga. Objective-C milik Apple menggantikan posisi PHP di urutan kelima kemungkinan besar karena bertambahnya penggunaan platform iOS. Basic menempati urutan 7, Javascript, Python dan Perl, menempati posisi 8,9 dan 10.

Via :

3 thoughts on “JavaScript Naik Posisi di TIOBE

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: AR. Nur Roichan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *