Django Mengeluarkan Rencana Migrasi Ke Python 3

Tim pengembang Django mempublikasikan rencana awal mengenai bagaimana mereka akan melakukan migrasi framweork aplikasi web berbasis Python buatan mereka ke Python 3. Sejumlah pengguna menyatakan tidak didukungnya Python 3 di rilis Django sebagai alasan tidak melakukan migrasi ke versi python baru. Bekerja sama dengan tim Python, pengembang Django memilih melakukan migrasi bertahap menggunakan Python 2.6 sebagai pijakan awal.

Pengembang berencana mendepresiasi penggunaan versi 2.x Python sampai kebutuhan versi minimum Django menjadi Python 2.6. Python 2.6 merupakan landasan transisi karena memang didesain untuk menjadi jembatan ke Python 3, karena banyak fitur utama di versi Python baru dibackport ke versi 2.6 dan menyertakan tools untuk membantu mirasi kode ke Python 3.

Rilis Django selanjutnya versi 1.4 akan menghentikan dukungan untuk Python 2.4 dan Django 1.5 akan menghentikan dukungan untuk Python 2.5. Django 1.5 juga memberikan dukungan eksperimental untuk Python 3.x terutama versi 3.3, yang akan dirilis pada saat yang berdekatan. Django 1.5 akan menjadi awal proses porting kode Django ke Python 3.

Detail lebih lanjut mengenai transisi yang sudah lama ditunggu ini belum tersedia dimana tim masih mencari titik yang pas seperti tingkat inkompatibilitas Python 3 yang dapat diterima Django tetapi tujuan akhirnya jelas. Dalam kalimat pengembang “Python 3 merupakan masa depan bahasa Python, dan untuk mendukung hal tersebut proyek Django sudah dan akan terus berkomitmen mencapai kompatibilitas dengan Python 3”.

Via :

3 thoughts on “Django Mengeluarkan Rencana Migrasi Ke Python 3

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman Berita Linuxbox.web.id 12 – 18 Maret 2012 | POJOK LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *