Mozilla Mulai Memport Firefox Untuk Antarmuka Metro Windows 8

Pengembang Mozilla, Brian Bondya mengumumkan bahwa tim Firefox telah mulai mengerjakan versi Metro peramban web Mozilla Firefox untuk Windows 8. Menurut pengembang proyek ini merupakan usaha besar karena membuat versi Metro Firefox harus menuliskan banyak kode baru.

Metro merupakan nama antarmuka baru milik Microsoft, akan dikenalkan di Windows 8 yang awalnya dikembangkan untuk Windows Phone. Aplikasi yang ditulis untuk Metro akan berjalan di mode full screen secara default. Biasanya aplikasi Metro akan berjalan di sandbox untuk alasan keamanan, tetapi Bondy menjelaskan bahwa versi Metro Firefox akan ditulis sebagai aplikasi dengan kelas spesial yang oleh Microsoft disebut “Metro style enabled desktop browser”. Kelas aplikasi ini memungkinkan aplikasi memiliki fungsionalitas yang sama dengan versi Firefox saat ini yang berjalan diluar sandbox.

Bondy menjelaskan bahwa Firefox Metro akan dihadirkan ke pengguna lewat jalur seperti biasa dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh dari situs web Mozilla, dia tidak yakin apakah Firefox Metro bisa di distribusikan lewat Windows Store karena kalau boleh dibilang aplikasi ini bukan aplikasi Metro sepenuhnya. Dia juga menambahkan peringatan penting bahwa ketika Firefox bukan peramban web default tidak dapat digunakan dalam mode Metro. Ini merupakan keputusan yang dibuat Microsoft membuat mode khusus ini untuk aplikasi Metro.

Tujuan pertama tim adalah membuat versi Metro eksperimental Fennec dan Firefox yang dapat berjalan. Belum ada indikasi kapan pengguna bisa mencoba rilis tes pertama versi desktop Firefox dengan mode Metro tetapi pengembang memberikan gambaran bahwa jalan masih panjang untuk sampai kesana. Roadmap Firefox memiliki versi “proof-of-concept” Firefox dengan antarmuka Metro akan dirilis pada kuartal kedua tahun ini, alpha dan beta muncul di tengah tahun kedua tahun ini.

Bondy juga menyampaikan bahwa dia frustrasi dengan kondisi dokumentasi yang ada untuk melakukan port aplikasi Metro dengan tipe spesifik seperti yang digunakan Firefox : “Sebagai pengembang, pekerjaan anda cukup berat ketika melakukan pencarian di Google untuk topik diseputar tipe aplikasi Metro pihak ketiga dan sering tidak mendapatkan apapun, atau kalau lagi beruntung satu atau dua. Seluruh pencarian hana sedikit yang mendekati topik”.

Via :

3 thoughts on “Mozilla Mulai Memport Firefox Untuk Antarmuka Metro Windows 8

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Hidayatun Ni'am Ridw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *