Vagrant Mencapai Rilis Stabil 1.0

Dua tahun setelah rilis pertamanya, Proyek Vagrant telah mengumumkan versi stabil pertama tool pembuatan lingkungan pengembangan open source. Vagrant 1.0 memungkinkan pengembang dapat membuat virtual machine untuk testing dan pengembangan menggunakan Oracle VirtualBox dan sebuah file konfigurasi tunggal.

Vagrant didesain untuk dapat dijalankan dari command line dan dapat mengkonfigurasi virtual machine dengan penambahan guest di VirtualBox untuk shared folders dan dukungan port-forwarding, otentikasi SSH dengan key, Ruby, RubyGems, Chef dan Puppet. Chef dan Puppet ditambahkan untuk membuat provisioning piranti lunak di virtual machine lebih mudah. Virual machine dikonfigurasi menggunakan sebuah file Vagrantfile tunggal yang membuat konfigurasi ini dapat dikirimkan dengan mudah ke pengembang atau pengguna lain sehingga mereka bisa melakukan replikasi konfigurasi cukup dengan satu perintah.

Versi baru ini memiliki installer yang mendukung Windows 7, Mac OS X 10.5 dan beberapa distribusi Linux termasuk Ubuntu, Debian, Red Hat Enterprise Linux, CentOS, dan Fedora. Rilis stabil pertama ini juga mengenalkan kompatibilitas balik file Vagrantfile. Menurut situs web proyek ini, Vagrant saat ini digunakan oleh Rackspace, OpenStack, Mozilla, Nokia dan banyak perusahaan dan organisasi lainnya.

Detail lebih lanjut mengenai Vagrant dapat anda baca di situs web proyek. Anda dapat mengunduh kode sumber yang ada yang dilepas dibawah Lisensi MIT

Via :

2 thoughts on “Vagrant Mencapai Rilis Stabil 1.0

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.