FSF Eropa Meluncurkan Kampanye "Free Your Android!"

Free Software Foundation Europe (FSFE) meluncurkan sebuah kampanye bertajuk “Free Your Android!” untuk membuat sebuah ekosistem Android free software Android, mulai dari ROM dan driver di device smartphone maupun tablet hingga ke aplikasi yang berjalan diatasnya. Torsten Grote, inisiator kampanye yang juga anggota FSFE menyatakan “Pengguna berhak untuk memiliki kontrol penuh terhadap device mobile mereka”, dia juga menambahkan bahwa “Jika (device anda) menjalankan aplikasi proprietari, anda menyerahkan kontrol kehidupan digital anda ke pengembang aplikasi dan manufaktur device”.

Kampanye ini menyatakan bahwa kasus Carrier IQ yang membuat catatan informasi mengenai telepon yang ada untuk provider tanpa pengetahuan pengguna dan juga kasus Path baru-baru ini yang mengupload kontak tanpa sepengetahuan pengguna, pengguna akan mendapat keuntungan dengan menjalankan device yang hanya menjalankan piranti lunak bebas. “Meskipun anda tidak memiliki keterampilan untuk melakukan sendiri kemerdekaan anda, anda akan mendapat keuntungan dari komunitas yang melakukannya bersama-sama” demikian yang tertulis di situs web kampanye ini.

Kampanye ini berusaha untuk . Untuk sistem operasi, mereka menyarankan penggunaan Replicant OS yang merupakan Android yang bebas 100%, meskipun hanya berjalan di beberapa device, atau CyanogenMod yang berjalan di lebih banyak device karena menyertakan driver non-free yang sudah ada di device.

Untuk aplikasi, kampanye ini menyatakan bahwa meskipun unduhan piranti lunak bebas dari Android Market miiik Google tidak dapat dipercayai dan menyarankan pengguna untuk tidak menggunakannya. Mereka menyarankan penggunaan F-Droid project. Meminta pengembang aplikasi proprietari untuk membuat aplikasi bebas juga disarankan sebagai sarana melakukan kampanye, dimana respon dan keberatan pengembang dikumpulkan di wiki.

Bagaimana menurut anda? apakah anda akan menggunakan Android yang sepenuhnya bebas? atau tetap percaya kepada Google dan manufaktur smartphone berbasis Android yang saat ini anda gunakan?

Via :

2 thoughts on “FSF Eropa Meluncurkan Kampanye "Free Your Android!"

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.