Yahoo! Membuka Pengembangan Tool Analisis Halaman Web YSlow

Yahoo! telah mengubah lisensi tool analisis performa halaman web YSlow menjadi lisensi BSD dan mempublikasikan keseluruhan basis kode yang ada di GitHub. YSlow memungkinkan pengembang web mengecek halaman mereka untuk dibandingkan dengan praktik terbaik yang didesain untuk memastikan bahwa sebuah situs web beroperasi pada kecepatan maksimal. Yahoo menyarankan pengembang untuk menggarap kode yang ada yang terdiri atas HTML, CSS dan JavaScript dan memperbaiki bug yang ada dan meningkatkan kemampuan YSlow.

Sebelumnya pengembang diluar Yahoo hanya mampu mempengaruhi pengembangan tool ini secara tidak langsung dengan memberikan umpan balik di grup Exceptional Performance. Sekarang, karena kode sumbernya telah dirilis ke publik mana siapapun bisa berkontribusi secara langsung dan proyek YSlow dapat difork dengan mudah di Github.

Yahoo berencana melanjutkan maintenance cabang stabil dan pengembangan yang keduanya ditangani oleh proyek YSlow yang dipimpin oleh Marcel Duran. Pengembang disarankan membuat fork cabang pengembangan karena pull request modifikasi cabang stable tidak akan diterima. Pull request dari komunitas yang disetujui akan diintegrasian ke versi ini dan ke ekstensi peramban web yang dimiliki tool ini.

YSlow dimaintain oleh Yahoo sejak tahun 2007 dan komponen inti produk ini telah tersedia dibawah lisensi Mozilla Public License 1.1 (MPL). Pengembang dapat melakukan instalasi tool ini menggunakan ekstensi yang tersedia untuk Firefox, Chrome, Safari dan Opera. Juga tersedia bookmarklet untuk device mobile dan versi command line yang baru saja dikenalkan. YSlow dikembangkan dari hasil kerja Steve Souders yang mengembangkan 13 praktik terbaik performa untuk Yahoo. Souders sekarang pindah ke Google dan melanjutkan kerjanya menghasilkan tool lain yang masih berhubungan dengan penilaian performa web.

Via :

4 thoughts on “Yahoo! Membuka Pengembangan Tool Analisis Halaman Web YSlow

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 « Nixfamily’s Blog

  4. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 « Kurungsiku Teknologi Microblog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *