SUSE Mengerjakan Lapisan Basis Baru untuk YaST dan Aplikasi Aliansi

Dalam sebuah posting blog berjudul “YaST : next step in system management” (YaST : Langkah berikutnya di manajemen sistem), pengembang SUSE Ji?í Suchomel mengumumkan sebuah pustaka piranti lunak yang akan menangani berbagai macam pekerjaan level bawah untuk berbagai tool konfigurasi yangada. Tujuan YaST bukan untuk menggantikan varian YaST yang dikembangkan diatas Qt, GTK dan ncurses tetapi untuk menggantikan lapisan mendasar yang digunakan oleh tool konfigurasi ini. Meskipun demikian, Suchomel memberi catatan bahwa lapisan ini juga bisa digunakan di area lain seperti WebYaST atau SUSE Studio. Dia berharap bahwa tool lain akan menggunakan pustaka ini termasuk yang ada diluar ekosistem SUSE.

Suchomel mengingatkan sebuah fakta bahwa bagian besar YaST ditulis di bahasa yang daluwarsa dimana sangat sulit menemukan orang yang masih menggunakannnya, ini merupakan salah satu alasan dikenalkannya pustaka baru ini.

Dalam sebuah balasan terhadap sebuah komentar, Suchomel menyatakan bahwa meskipun core YaST ditulis di C , module ditulis di YCP, YaST Control Programming language – YaST dikembangkan dengan Ruby. Piranti lunak ini dibagi menjadi dua lapisan, YLib, pustaka level atas yang menyediakan API dan agen konfigurasi yang terdiri atas layanan D-BUS yang berjalan sebagai root tetapi hanya dijalankan bagi yang memiliki hak akses yang tepat. Suchomel menambahkan bahwa YaST menawarkan manajemen akses berbasis fungsi dimana user tertentu bisa diijinkan untuk melakukan aksi spesifik tertentu.

Kode sumber pengembangan saat ini tersedia di GitHub dan dilepas dibawah lisensi LGPL 2.1 atau 3. Sebuah tutorial mengenai bagaimana menulis modul untuk YaST juga disediakan. file readme di GitHub mendeskripsikan kode masih dalam fase riset sementara dokumen arsitektur mendiskusikan kelebihan YaST dan arsitektur yang dipilih.

Via :

5 thoughts on “SUSE Mengerjakan Lapisan Basis Baru untuk YaST dan Aplikasi Aliansi

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Dedy Hariyadi

  4. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 « Kurungsiku Teknologi Microblog

  5. Pingback: Hendra Nuryuliansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *