Sourcefabric memperkenalkan Booktype untuk Menulis dan Mempublikasikan Buku

Sourcefabric, pengembang piranti lunak pengumpul berita kolaboratif Newscoop dan manajer stasiun radio AirTime mengenalkan aplikasi baru buatannya, Booktype, yang diujukan untuk membawa kolaborasi kedalam proses menulis dan mempublikasikan buku baik cetak maupun digital.

Booktype sebenarnya merupakan proyek yang sudah cukup matang. Manajer proyek Booktype, Adam Hyde, merupakan manajer komunitas FLOSS Manuals, situs yang menggunakan Booktype untuk membantu proses pembuatan manual secara crowd-source untuk piranti lunak Free, Libre dan Open source. Alasan dibalik ini adalah piranti lunak Booktype yang ada dibalik FLOSS Manuals, Sourcefabric sebelumnya telah mendanai fitur bari di piranti lunak ini dan pada akhir tahun 2011, Sourcefabric dan FLOSS Manuals mengumumkan kerja sama resmi untuk mengembangkan kode yang ada lebih lanjut. Hasil kerjasama tersebut adalah Booktype.

Booktype memungkinkan penulis untuk membuat buku mirip wiki, terdiri atas beberapa bab dimana kolaborator dapat menggunakan fitur edit simultan dan chat di halaman manapun dan tool lain untuk mengembangkan konten. Konten yang sudah ada juga dapat di impor untuk digunakan ulang di buku baru. Setelah lengkap konten dapat dikonversi ke pdf, epub, mobi, odt, atau html dan diekspor ke Amazon, iBooks, Lulu.com dan toko buku print-on-demand lainnya. Dengan menggabungkan alur untuk penerbitan cetak dan digitao akan membuat sebuah judul up to date dalam edisi manapun.

Platform Booktype yang berbasis Django dapat bertindak sebagai host untuk berbagai buku dan memaintain sejarah buku, versi, kloning buku, memproduksi edisi singkat dan extended sebuah judul menggunakan fasilitas remix. Pengguna yang tidak berencana membuat buku dapat mendaftar dan menggunakan sistem yang ada untuk mengikuti proses pengembangan buku yang mereka minati.

Booktype dilepas dibawah lisensi AGPLv3. Didukung di Debian, Ubuntu, Mac OS X Server. Membutuhkan Python, PostgreSQL, Django, Redis dan paket lainnya untuk dapat anda instal. Penulis yang hanya ingin membuat buku tunggal diarahkan ke situs yang menggunakan piranti lunak Booktype, booki.cc, yang merupakan situs generik untuk pembuat konten dan kolaborator.

Via :

3 thoughts on “Sourcefabric memperkenalkan Booktype untuk Menulis dan Mempublikasikan Buku

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *