Readium : Referensi Implementasi EPUB 3 dengan WebKit

Readium bekerja sama dengan the International Digital Publishing Forum (IDPF), sedang menggarap referensi implementasi open source untuk menampilkan publikasi digital yang sesuai dengan standard dokumen EPUB 3. Dari sudut pandang teknis, WebKit akan memainkan peranan penting sebagai engine rendering sistem ini tetapi IDPF juga berencana menggabungkan pekerjaanya dengan spesifikasi proyek WebKit dalam kaitannya dengan konten. IDPF menjelaskan bahwa dalam jangka panjang dibayangkan pengembangan yang direncanakan saat ini akan diintegrasikan dengan engine peramban web.

Rencana yang ada saat ini termasuk memungkinkan pengembang dapat menggunakan Readium (atau komponennya) untuk mengintegrasikan dukungan yang sesuai standard untuk berkas EPUB di aplikasi mereka. IDPF menjelaskan bahwa karena alasan ini lah sistem yang ada utamanya menargetkan pengembang dan bukan pengguna akhir.

IDPF mengingatkan bahwa mereka mempertimbangkan EPUB sebagai format portable yang cocok untuk “Open Web” dan dukungan untuk format tersebut didalam WebKit itu sendiri direncanankan dalam jangka panjang. Bagaimanapun juga, dengan mempertimbangkan kerjasama dengan proyek yang ada, mereka berusaha agar tindakan yang dilakukan tidak dilihat sebagai hal negatif oleh pemangku kepentingan WebKit dan mereka menyadari bahwa dukungan EPUB saat ini bukan prioritas untuk pengembang WebKit. IDPF menjelaskan bahwa mereka membayangkan membuat fork proyek WebKit dengan Readium setelah sistem EPUB mencapai kedewasaan.

Kode sumber untuk proof-of-concept implementasi pustaka Readium tersedia dibawah lisensi BSD di via GitHub, pengembang juga dapat menginstall pustaka tersebut sebagai ekstensi Chrome (versi 15 atau yang lebih baru dituliskan sebagai syarat mendasar untuk merender konten EPUB dengan Readium). Implementasi lengkap termasuk dukungan untuk Android direncanakan akan dirilis pertengahan tahun ini.

Pendukung proyek ini dari industri telah ada termasuk Adobe, Google, Barnes & Noble, Kobo, O”Reilly, Samsung dan Sony didalamnya. Versi 3 EPUB bersaing secara langsung dengan Kindle Format 8 milik Amazon dan kontainer iBooks milik Apple. Format ini dibuat berdasarkan standar web seperti HTML5 dan CSS 3 tetapi mereka melakukan enkapsulasi standard tersebut dalam format proprietari.

Via :

2 thoughts on “Readium : Referensi Implementasi EPUB 3 dengan WebKit

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *