Preview Dartium dari Google – Chromium Dengan Dart Virtual Machine

Google telah mengumumkan sebuah preview teknis versi Chromium dengan dengan Dart virtual machine dipaketkan didalamnya. Dart merupakan bahasa yang sedang dikembangkan oleh Google yang diharapkan bisa mengambil bagian sebagai alternatif JavaScript. Dart dapat berjalan di sebuah virtual machine di peramban web yang terkustomisasi atau seperti yang saat ini lebih sering dilakukan dikompilasi menjadi kode JavaScript dan dijalankan di peramban web modern mainstream.

Peramban web yang diberi nama Dartium ini tersedia untuk Mac dan Linux, versi Windows akan menyusul. Preview ini memungkinkan program Dart dijalankan di peramban web dan berarti pengembang dapat melompati tahapan mengkompilasi program Dart menjadi JavaScript. Pengembang Dart menjelaskan bahwa Dart VM dan JavaScript merupakan target utama Dart dan keduanya akan dikerjakan secara simultan. Untuk memastikan Dartium technology preview tidak digunakan sebagai peramban web utama, binari Dartium akan daluwarsa setelah beberapa hari.

Dartium dapat anda unduh dari situs bahasa Dart. Tidak ada informasi detail mengenai ketersediaan kode sumber untuk Dartium.

Rilis ini merupakan bagian dari Usaha Google membuat momentuk disekitar alternatif Java. Dart sampai saat ini belum mendapat perhatian dari pembuat peramban web lain selain Google. Google menyatakan bahwa mereka berencana mengembangkan bahasa ini sampai level tertentu dan kemudian mengalihkannya ke proses standardisasi.

Via :

4 thoughts on “Preview Dartium dari Google – Chromium Dengan Dart Virtual Machine

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 | POJOK LINUX

  4. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 « Nixfamily’s Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *